Memaksimalkan Penjualan di E-commerce untuk Mendapatkan Berbagai Manfaatnya

Memaksimalkan Penjualan di E-commerce untuk Mendapatkan Berbagai Manfaatnya

aplikasi manajemen ecommerce multi channel

E-commerce atau Electronic Commerce adalah perdagangan barang dan jasa yang meliputi kegiatan penjualan, pembelian, pemasaran, serta promosi dengan menggunakan jaringan telekomunikasi seperti internet dan televisi. Aplikasi manajemen ecommerce multi channel digunakan untuk mengelola penjualan yang dilakukan di beberapa pasar online.

Jenis-jenis E-commerce

Sebelum melakukan bisnis online dengan aplikasi manajemen ecommerce multi channel, ada baiknya mengenal terlebih dahulu beberapa jenis ecommerce yang sering digunakan.

  1. Consumer-to-consumer (C2C)

Merupakan kegiatan jual beli yang terjadi antar konsumen. Misalkan seseorang mengambil barang dari suatu produsen dan akan menjual lagi produk tersebut kepada orang lain.

  1. Consumer-to-business (C2B)

Bisnis ini terjadi antara konsumen kepada produsen. Jadi seseorang akan disebut sebagai konsumen dan menjual barang atau jasa kepada produsen dengan menginfokan detail tentang produk yang ditawarkan. Kemudian produsen akan menawarkan produk berupa barang atau jasa dengan ketentuan yang sudah ada. 

  1. Business-to-business (B2B)

Dalam hal ini transaksi terjadi saat satu produsen menawarkan barang atau jasanya kepada produsen lain. Transaksi yang dilakukan biasanya dalam jumlah yang besar. Dalam hal ini sudah ada kepercayaan dari kedua belah pihak dan kerjasama yang dilakukan sudah berlangsung dalam waktu yang lama. 

  1. Business-to-consumer (B2C)

Untuk jenis ini transaksi terjadi saat suatu produsen menjual barang atau jasa kepada seorang konsumen. Biasanya disebut dengan mengecer. Produk yang dibeli oleh konsumen akan digunakan secara pribadi bukan untuk dijual lagi.

  1. Consumer-to-administration (C2A)

Transaksi ini berlangsung dari individu kepada lembaga administrasi publik. Transaksi yang paling mudah untuk dijumpai adalah ketika seseorang membayar pajak atau iuran jaminan kesehatan.

  1. Business-to-administration (B2A)

Transaksi bisnis berlangsung antara suatu perusahaan dengan lembaga administrasi publik. Contoh transaksinya adalah jaminan kesehatan dari suatu perusahaan untuk karyawannya secara online.

Menggunakan E-commerce untuk Mendapatkan Banyak Manfaat

Menawarkan barang atau jasa di pasar elektronik bisa mendatangkan banyak manfaat. Hal tersebut bisa pula ditingkatkan dengan bantuan aplikasi manajemen ecommerce multi channel dengan menjual di beberapa marketplace sekaligus.

  1. Bisa menjangkau pelanggan dengan cakupan yang luas tanpa terkendala jarak. 
  2. Transaksi bisa dilakukan dalam waktu 24 jam sehingga tidak ada istilah toko tutup. Hal ini sangat menguntungkan jika pelanggan hanya memiliki waktu luang yang terbatas. Walaupun pengiriman barang harus mengikuti jam kerja agen jika transaksi sudah dilakukan maka pelanggan bisa mendapatkan kepuasan tersendiri.
  3. Menghemat biaya karena tidak memerlukan toko dan tidak perlu banyak karyawan.
  4. Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk memudahkan pelanggan bertransaksi.
  5. Pengiriman barang juga mudah dilakukan dengan semakin banyaknya agen pengiriman. 
  6. Pengelolaan terhadap bisnis dapat dilakukan di manapun.

Modal yang diperlukan bisa ditekan dengan memanfaatkan fasilitas dropshipper atau dengan sistem pre order.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *