Trik Ajar Les Private Untuk Anak SD

Trik Ajar Les Private Untuk Anak SD

ilustrasi belajar

Menjadi seorang tenaga pengajar, terlebih guru les private bukanlah profesi yang mudah. Anda dituntut untuk mengajari dan membimbing anak yang memiliki karakteristik yang unik serta watak berbeda. Sehingga dibutuhkan kesabaran, telaten, dan kemampuan dalam memahami hati siswa. Terlebih jika mengajar siswa SD, yang cenderung susah diatur dan masih ingin main. Bagi guru private pemula, tidak perlu khawatir berlebihan. Ada trik yang dapat dilakukan untuk mengajar siswa SD .

Trik mengajar private anak SD

  • pahami dan ambil hati siswa anda

sebagai “orang asing” bagi siswa anda, saat pertemuan les perdana. hal pertama yang perlu untuk anda lakukan agar proses belajar kedepannya berjalan dengan baik,  anda harus memberikan kesan menyenangkan bagi siswa. 

Hal ini sangatlah penting, agar siswa mau mendengarkan dan menerima apa yang anda katakan atau yang anda perintahkan. Sehingga proses belajar akan belajar lebih efektif.

Masing-masing siswa memang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pendekatannya juga memiliki cara yang berbeda. Namun, paling penting, anda harus memberi perhatian, mau berbaur dengan lingkungan, dan gunakan intonasi yang ramah.    

  • konkritkan konsep belajar untuk siswa

jika anda mempelajari mengenai teori pelajar atau mengambil pendidikan guru sekolah dasar, anda pasti akan memahami jika level pola pikir anak SD masih konkrit. Artinya harus ada implementasi yang nyata pada materi pelajaran, sehingga dapat dicontohkan pada keseharian siswa. 

Hal ini perlu untuk dipahami oleh guru les private, terlebih saat mengajarkan materi matematika. Berikan pemahaman materi dalam bentuk nyata yang mudah untuk dipraktekkan oleh siswa. Dan  untuk pelajaran IPA atau sosial anda dapat menyajikan materi dengan bentuk grafis yang  berwarna untuk memperkuat ingatan siswa.

  • gunakan pengajaran dengan gaya bercerita

Diumur yang masih anak-anak, siswa SD akan lebih tertarik mendengar cerita utamanya dengan karakter kesukaan mereka. Karena hal tersebut, anda dapat berkreasi untuk menyajikan materi pelajaran dengan cara bercerita disertai dengan intonasi suara dan mimik yang sesuai dan pastinya menyenangkan.

  • terus untuk latihan, latihan, latihan   

agar materi yang anda ajarkan lebih cepat dipahami, anda perlu mengulang materi pelajaran dengan memberikan kuis atau soal latihan setiap sesi pertemuan les private. Hal ini untuk mengetahui perkembangan, seberapa besar materi yang telah diserap oleh siswa itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *