Mengenal Percetakan Kemasan dan Penggolongannya

Mengenal Percetakan Kemasan dan Penggolongannya

percetakan kemasan

Percetakan kemasan sudah banyak digunakan untuk beragam produk. Umumnya, kemasan yang dicetak digunakan untuk menambah kesan cantik pada produk yang nantinya akan dipasarkan. Dengan menggunakan percetakan kemasan akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik kepada produk tersebut. Penggunaan percetakan kemasan juga memberikan keuntungan yang besar untuk perusahaan karena bisa menjadi media untuk menarik konsumen dengan cara yang mudah dan murah.

Mengenal Apa Itu Cetak Kemasan

Percetakan kemasan sedang banyak diminati karena bisa memberikan dampak yang baik untuk pemasaran produk. Selain itu, produk yang dilapisi dengan kemasan yang sudah dicetak akan menjadi lebih aman dan lebih menarik di mata konsumen. Penggunaan kemasan tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Kemasan banyak dimanfaatkan untuk mengemas berbagai macam produk mulai dari makanan, elektronik, aksesoris, peralatan rumah tangga, baju, dan lain-lain.

Kemasan adalah suatu hal yang digunakan untuk membungkus suatu produk. Kemasan berbentuk fisik seperti wadah yang di dalamnya akan diisikan produk. Penggunaan kemasan ini bisa menarik konsumen karena selain dapat merepresentasikan produk yang ada di dalamnya, juga bisa membuat produk tersebut memiliki daya jual yang lebih dikarenakan penggunaan kemasan yang menarik. Kemasan yang menarik bisa diatur ketika melalui proses pemilihan desain, warna, bentuk, dan material yang digunakan untuk menjadi bahan dasar kemasan yang akan dicetak tersebut. Kemasan akan melindungi produk yang ada di dalamnya selama proses penyimpanan dan pendistribusian. Percetakan kemasan merupakan salah satu cara untuk membuat kemasan menjadi semakin menarik dengan cara mencetaknya dan kemudian dirangkai menjadi kemasan yang baik.

Penggolongan Dalam Cetak Kemasan

Dalam strukturnya, kemasan yang akan dicetak mempunyai penggolongan sesuai fungsi-fungsinya. Penggolongan ini dilakukan agar ketika kemasan dibuat mudah untuk diproses dan diklasifikasikan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah penggolongan kemasan :

  1. Kemasan Primer

Kemasan primer merupakan kemasan utama yang secara langsung dibuat berhubungan dengan produk. Contoh : Kaleng susu dan botol minuman.

  1. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder digunakan untuk melindungi beberapa produk. Contoh : Kardus pelindung kaleng susu.

  1. Kemasan Tertier

Kemasan tertier digunakan untuk melindungi kemasan primer dan kemasan sekunder dari produk. Beragam jenis percetakan kemasan tersebut bisa dibuat semenarik dan fungsional mungkin agar bisa menghasilkan kemasan yang bisa melindungi produk namun tetap menarik konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *