Pentingnya Warehouse Management System pada Ecommerce

Pentingnya Warehouse Management System pada Ecommerce

ecommerce warehouse management system

Ecommerce warehouse management system adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengatur stok dan juga penyimpanan barang yang dikhususkan untuk transaksi melalui marketplace atau Ecommerce.

Manfaat warehouse management system

Warehouse management system adalah sebuah disiplin ilmu pengetahuan mengenai penataan barang sehingga barang yang disimpan di gudang lebih terstruktur sehingga apapun yang akan dilakukan terhadap barang tersebut menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Dengan pelaksanaan warehouse management system yang baik, maka akan lebih mudah bagi penjaga gudang untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menemukan produk
  • Melakukan pendataan produk secara reguler
  • Melakukan aksi seperti pengemasan produk untuk pengiriman dan hal-hal yang lainnya.

Warehouse management system-lah yang membuat sistem penyimpanan menjadi lebih efektif da mudah. Akan tetapi dengan adanya Ecommerce atau marketplace, maka pelaksanaan warehouse management system menjadi tidak semudah dahulu. Pasalnya dengan adanya Ecommerce dan juga marketplace, maka pihak dari penyimpanan barang perlu melakukan update secara real time untuk produk yang dimilikinya. Hal ini penting untuk menjaga sinkronasi antara produk dengan stok di marketplace yang digunakan oleh perusahaan.

Membantu menjaga kepercayaan konsumen melalui Ecommerce

Seperti yang disebutkan sebelumnya masalah warehouse management system yang terbaru adalah mengenai masalah update stok pada Ecommerce secara real karena banyaknya Ecommerce yang digunakan oleh perusahaan. Hal inilah yang menyebabkan jasa Ecommerce warehouse management system memang harus turun membantu anda dalam pendataan barang tersebut.

Bayangkan jika di akun Ecommerce A yang anda miliki anda memiliki 5 stok, di akun Ecommerce B anda memiliki stok sebanyak 5. Padahal barang real yang anda miliki hanya 5. Ternyata di kedua Ecommerce ada pembelian bergantian di mana A membeli 2 stok anda dan B membeli 4 stok anda. Di Ecommerce A, konsumen anda akan bisa mendapatkan barangnya sedangkan di Ecommerce B anda akan kekurangan 1 produk karena sisa produk hanya ada 3. Jika dari pihak gudang tidak update, maka hal ini akan membuat konsumen anda merasa kecewa bukan?

Kehadiran dari Ecommerce warehouse management system adalah untuk menangani hal ini. Dengan adanya Ecommerce warehouse management system anda tidak perlu lagi meminta maaf pada konsumen anda disebabkan karena data yang tidak update tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *