Pengertian Atap Spandek, Spesifikasi dan Fungsinya

Pengertian Atap Spandek, Spesifikasi dan Fungsinya

Mengenal atap spandek bangunan

Atap merupakan salah satu elemen utama pada sebuah rumah atau hunian. Selain genteng tanah liat, salah satu yang kini populer digunakan sebagai atap bangunan adalah atap spandek. Bagi Anda yang belum banyak mengetahui tentang material dan harga atap spandek ini, berikut beberapa ulasannya :

Pengertian atap spandek

Harga atap spandek ini terjangkau dan merupakan salah satu material untuk atap bangunan yang terbuat dari hasil percampuran alumunium dan seng dengan rasio 55% dan 43%. sementara sisanya merupakan bahan dari silicon. Dari percampuran bahan – bahan di atas, maka terbentuklah material atap dengan sifat kokoh, ringan dan mudah dibentuk.

Spesifikasi atap spandek

Sesuai dengan bahan pembentuknya, atap spandek ini menjadi salah satu pilihan tepat alternatif atap bangunan. Selain dianggap lebih kokoh dan ringan, material atap ini juga cukup mudah dicat bila Anda menghendaki warna tertentu pada atap Anda. Di pasaran, material atap jenis ini memiliki banyak pilihan dengan ketebalan yang berbeda – beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran atap spandek yang biasa tersedia berkisar pada ukuran 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, hingga ukuran 0.5 mm.

Atap spandek juga merupakan salah satu material atap yang paling awet. Bila Anda menggunakannya sebagai atap rumah, atap dengan material ini umumnya dapat bertahan hingga 20 tahun bahkan lebih. Bahan pembentuknya yang merupakan paduan dari alumunium dan seng juga memberikan kelebihan lain berupa atap yang anti karat.

Fungsi penggunaan atap spandek

Atap spandek merupakan salah satu material bangunan yang multifungsi. Tak hanya sering digunakan sebagai pilihan material untuk atap berbagai bangunan seperti rumah, pabrik, gudang, hingga mall, tak jarang atap dari bahan ini juga digunakan untuk keperluan lainnya. Fungsi lain dari atap spandek di antaranya dimanfaatkan sebagai dinding atau sekat pada berbagai bangunan fungsional, seperti dinding bangunan gudang, dinding pabrik, sekat antar ruangan yang tidak mempermasalahkan estetika, dan lain – lain. Dewasa ini, pemanfaatan atap spandek juga mulai diaplikasikan sebagai canopi, atap ruko, hingga carport.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *