Jenis Tiang PJU & Fungsi Lampu Jalan

Jenis Tiang PJU & Fungsi Lampu Jalan

lampu PJU led 30 watt

Lampu jalan atau yang sering disebut dengan Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah salah satu fasilitas umum bagi masyarakat yang sangat diperlukan terutama pada waktu gelap, kurangnya cahaya dan malam hari. Penerangan lampu untuk jalan umum berfungsi mengurangi adanya kecelakaan akibat kurangnya penerangan, mengurangi tindak kejahatan di malam hari terutama pada jalan-jalan sepi, sehingga keselamatan dan keamanan pengguna jalan akan semakin meningkat.

Berikut beberapa fungsi dari lampu penerangan jalan, diantaranya :

  • Memberikan penerangan sebaik-baiknya menyerupai penerangan di siang hari bagi para pengguna jalan.
  • Membantu navigasi pada pengguna jalan baik yang jalan kaki, naik sepeda, atau kendaraan bermotor.
  • Digunakan untuk menambah kesan indah serta memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.
  • Meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan, dapat pula digunakan sebagai salah satu alat mencegah kriminalitas.
  • Dapat juga sebagai media komersial, misalnya sebagai media penempatan iklan di jalan.

Lampu jalan sendiri sebenarnya merupakan salah satu bagian dari bangunan pelengkap jalan, lampu tersebut dapat dipasang atau diletakkan di kanan, kiri atau bahkan di tengah / di median jalan. Digunakan sebagai sarana penerangan jalan maupun lingkungan di sekitar jalanan yang memang diperlukan. Beberapa jalan seperti persimpangan jalan, jembatan, jalan bawah tanah, jalan layang dan jalan-jalan lainnya yang memang membutuhkan penerangan di malam hari.

Lampu penerangan tersebut yang dimaksudkan ialah satu unit lengkap, dimana terdiri dari sumber cahaya itu sendiri yang berasal dari lampu/luminer, elemen optik seperti pemantul, penyebar atau pembias cahaya, elemen elektrik seperti konektor ke power supply dan semacamnya. Tidak ketinggalan adalah struktur penopangnya yakni lengan penopang, tiang penopang vertikal serta pondasi dari tiang lampu tersebut.

Perencanaan sangat diperlukan untuk membangun lampu penerangan jalan tersebut, karena semua memerlukan perhitungan matang, salah satunya yakni penyesuaian bentuk tiang lampu itu sendiri. Terdapat banyak bentuk tiang penyangga lampu penerangan jalan umum, hal ini dilihat sesuai dengan kebutuhan jalan. Berikut beberapa jenis tiang lampu penerangan jalanan umum yang bisa Anda jadikan referensi pilihan sesuai dengan kebutuhan jalan yang membutuhkan penerangan.

  • Tiang Octagonal, PJU Octagonal atau sering disebut tiang general purpose, karena biasanya digunakan sebagai lampu sorot. Tiang octagonal ini umumnya digunakan untuk jalanan yang luas dan di tempat-tempat terbuka seperti tempat olahraga dan semacamnya. Memiliki tinggi mulai dari 4,5 meter hingga 35 meter (sesuai kebutuhan).
  • Tiang PJU High Mast (High Mast Lighting) adalah salah satu jenis tiang yang sangat cocok dengan pencahayaan lebih luas dari pada octagonal, misalnya lapangan, bandara, dermaga, tempat parker dan lain sebagainya.

Selain tiang octagonal dan tiang lampu PJU led 30 watt high mast, ada pula jenis tiang hexagonal, dekoratif, bulat atau konvensional. Pemilihan jenis tiang ini tentu harus diperhitungan dan direncanakan sesuai dengan kebutuhan jalan yang akan diberikan penerangan lampu jalan. Serahkan perencanaan pemasangan lampu jalan kepada perusahaan yang sudah biasa memasang PJU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *